Sabtu, 14 September 2013

Bye-Bye Windows ! (Running Aplikasi UEM)

Udah Lama banget gue ga bikin tutorial ....
piuuuh ...

oke gini ceritanya beberapa tahun belakangan gue itu mulai mencoba mencari alternatif sendiri dalam penggunaan propertary software itu di mulai ketika gue tingkat awal ada salah satu dosen yg cukup menjadi inspirasi gue mengganti sistem operasi dan Dan dosen tsb pun memperkenalkan linux ....
apa itu linux, disro,kernel ? dan lain2 anak2 kelas juga suka bertanya ama dia ttng hal2 di luar pelajaran sprt ada masalah dgn komputernya ... ^_^ maklum msh pd tingkat 1 wakti itu ...


yaa karnague penasaran ada OS lain selain windows pungue mulai cari tau ini itu coba utk install di pake sehari2 kuliah sebenernya sih ga ada masalah malah lebih asik merasakan speed kompi jadul berasa baru :D

menggunakan os ini jadi masalah ketika kita di suruh membuat sesuatu menyangkut perkuliahan menggunakan SO windows ... misalnya praktikum ! seharusnya instisusi pendidikan tidak menggunakan proprietary software dalam melakukan pengajaran, nah terus gue mikir2 mungkin kampus gue kaya makanya pake proprietary software ....

sangking kaya nya ada komputer rusak lama diperbaikin ac mati lamaa di ganti nya tapi aneh nya isi komputernya SEMUA windows daan office nya Microsoft office 2007 baah kaya sekali kampusini ?benarkhan ? sampe sampe jalanin linux pas awal2 praktek make VM Ware enterprise edition kaya ga tuuh kampus ? untungnya sekarang udah pindah ke Vbox

gw mikir kampusini terlalu kaya bagi gue, gue yg makan 1 kali sehari make kaos sobek2 ,rambut ga ke urus,muka ga ke urus merasa gw ga pantes sekarang buat make windows akhirnya beberapa tahun belakangan gue pindah , gue melawan arus, di mana temen2 satu kelasg a kesulitan gw kesulitan sendirian, gw aja bingung knp hidup itu sulit tapi tetep sesulit apapun hidup harus dinikmati


yailahh kenapa gue jadi curhat gini kan mau tutor oke gini sebg mhs gundar kita tau namanya um (ujian mandiri)  yaa tau laah naah utk belajar ribuan soal itu kita di ksh applikasi nya yg udh tersebar di mana2 .... dan sialnya itu lagi2 pake windows seolah2 so itu cuma windows sekali-skali pake iMac gtuh saah kan kampus kaya *oops

oke cookuuooop ! *pliis jangan curhat lagi


tutor kali ini bukan utk umum khusus anak-anak gundar


"Gimana caranya menjalankan aplikasi UEM menggunakan Linuk (aka Wine)"

jreeeng teng teeng Tapi inget !! wine di sini bukan anggur ! bagi yg blon tau ssilahkan buka www.winehq.org/‎ utkl ebih jelas

jadi inget temen univ lain ada yg cerita ttng temenya yg membuat TA ttng wine sampai2 di TA tsb di tulis wine adalah anggur bla bla bla ... yang akhirnya kena gemplang ama dosen pembimbingnya

krana idealisme gw yg sptini gw akhirnya mau ga mau nih app harus jalandi linux gue, gw ga mau install windows gara hal spele sperti ini ... spele emang tpi bikin puyeng mas beroh !

Oke yg kita butuhin itu

1.Komputer
2.Distro linux (apa aja kesukaan klian)
3 Internet
4 Wine (di sini gw make versi wine-1.7.1 -SEKALI LAGI BUKAN ANGGUR)
5 WineTricks (http://winetricks.org/winetricks)
6 Aplikasi UEM
7 Keteguhan Hati

pertama2 install wine masing2 distro kalian kalo pake apt-get silahkan yum silahkan zypper silahkan googling cara nya gimanah ...

udah ?

nah kalo udah jangan langsung jalanin aplikasi nya kalo di jalanin bakalan eror ga ketulungan yakni pas milih database.mdb bakalan ada erorr


"runtime error '429' activex component can't create object"

<skip>
err:ole:CoGetClassObject class {6c736db1-bd94-11d0-8a23-00aa00b58e10} not registered
err:ole:CoGetClassObject no class object {6c736db1-bd94-11d0-8a23-00aa00b58e10} could be created for context 0x1
err:ole:CoGetClassObject class {ecabb0c0-7f19-11d2-978e-0000f8757e2a} not registered
err:ole:CoGetClassObject no class object {ecabb0c0-7f19-11d2-978e-0000f8757e2a} could be created for context 0x1
<skip>

setelah baca2 tuh erorr krn nih aplikasi yg di buat dr VB butuh dao360.dll buat koneksi database nya secara guega nginstall msoffice ya gamna buka .mdb nya ... yaudah kita make namanya "Native odbc driver" dr wine nya utk buka databse yg di buatms Accsess 2000 alias .mdb lebih jelas liat link refrence nya di bawah nanti 



Step Selanjutnya

Silahkan download winetrics dgncara :


$wget http://winetricks.org/winetricks

Terserah dah mau make dwnloader apa gue sebih suka pake wget  soalnya
terus setting permisionya


$chmod +x winetricks

udah ??



step 3

Jalanin winetrics buat install jet40 mdac28 dll nya

Dengan cara


$winetricks jet40 mdac28



$winetricks


abisitu bakal muncul jendela kaya gini ikutin aja step2 nya di gambar ini








udh di ceklis jet40 ama mdac27 ?? udh tinggal oke tapii nanti pas ngnstall akan download file yg di butuhin naah akan terjadi erorr karna file nya gamasuk di folder yg di tentuin naah kalo udh di download pindahin file nya ke


$/home/<nama-home>/.cache/winetricks/mdac27


kalo udh ulangin ke step 3 tadi naah sekarang akan melakukan install otomatis tunggu sampe kelar ojo kesusu ....

kalo ud kelar silahkan buka aplikasi nya


$wine AplikasiUEM.exe





Enjoooy !

Resmi dah jadi anak gundar
tutorial ini gue tulis utk orang2 yg punya idealisme sama kaya gue ...
udah ga perlu lage ente pake windows semasa kuliah :D


Daftar Pustake nye :

http://allenbrowne.com/ser-38.html
http://wiki.winehq.org/NativeOdbc
http://wiki.winehq.org/winetricks
http://www.winehq.org/
http://forum.winehq.org/viewtopic.php?t=14397

-sekian-
Selamat Melanjutkan Hidup kawan-kawan
~tha tha~

0 komentar:

Posting Komentar

older post Home