Senin, 15 Oktober 2012

Penyediaan Barang dan Jasa berbasiskan Foss/Linux

Sedikit Mengenai Pengertian Bisnis Informatika


     Bisnis informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Yang dimaksud teknologi informasi disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi, seperti internet. Bisnis informatika berkembang dengan pesat akhir – akhir ini seiring dengan berkembang pesatnya pula teknologi informasi. Karena Bisnis Informatika muncul karena adanya peluang yang terdapat di dalam suatu teknologi informasi. Tidak dapat di pungkiri sekarang internet sudah mengalami pergeseran kebutuhan di dalam masyarakat. Yang dahulu Internet merupakan suatu kebutuhan pelengkap atau masih merupakan kebutuhan yang “mewah” bagi sebagian masyarakat, sekarang menjadi suatu kebutuhan sekunder ataupun kebutuhan primer. Karena sekarang kita dapat semakin mudah dan murah untuk mendapatkan akses internet. Hal ini tidak lepas dari semakin berkembangnya teknologi informasi.


    Semakin pesat nya teknologi sekarang ini membuat banyak orang yang bergerak atau melakukan bisnis nya dengan menggunakan software yang tidak bersifat proprietary software di karenakan sifat nya yang tidak begitu mahal ketimbang menggunakan software yg berlisensi seperti Linux. Linux masa kini pun berkeambang sangat pesat kemampuan belajar SDM indonesia pun berkembang yang tadinya warnet menggunaka windows sekarang banyak yng beralih dengan menggunakan Open Source beberapa perusahaan kecil menengah juga mulai menggunaka linux sebagai penggerak nta ketika perusahaan tersebut tak mampu membeli proprietary software yang menguras kocek linux sebagai alternatif pilihan ... penggunaan linux pun tidak hanya pada UKM saja namu pada perusahaan perusahaan besar seperti maskapai penerbangan lalu perusahaan besar lain nya ang membutuhkan kehandalan darisisi server .

   Dukungan sdm pun semakin di butuhkan pada perusahaan tersebut yang ingin melakukan migrasi di linux maka jasa yng di sediakan pun harus handal.



CONTOH BISNIS TIK
1. E-Commerce
E-commerce merupakan suatu tindakan untuk melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama (Robert E. Johnson)

2. Konsultan IT
orang yang bertugas untuk memberikan saran kepada klien teknologi informasi apa yang harus digunakan untuk memenuhi sasaran bisnis, menyelesaikan suatu masalah, memperbaiki struktur dan efisiensi sistem IT

3. Software House
seorang atau sekelompok orang atau perusahaan kecil yang bergerak di bidang jasa pembuatan atau perbaikan perangkat lunak (software)

1. Dukungan Teknis
Selama ini ada kesan bahwa dukungan teknis yang tersedia untuk pengguna Linux/FOSS hanyalah yang berbasis komunitas. Penulis membatasi arti komunitas adalah para pembuat dan pengguna software yang bertindak secara personal atau organisasi non profit. Namun, di Indonesia telah berdiri banyak penyedia dukungan teknis yang profesional dan berbayar, seperti yang diberikan perusahaan proprietary software. Berikut ini beberapa bentuk dukungan teknis Linux/FOSS di Indonesia, mulai dari komunitas, organisasi non profit, hingga perusahaan.
Komunitas Berbasis Web di Internet
Linux dan FOSS sejak awal dikembangkan dengan memanfaatkan internet. Pembuat software Linux/FOSS mengumumkan karyanya melalui internet. Pengguna bebas mencoba, menggunakan, memberikan umpan-balik, dan membantu mengembangkan, serta melengkapi dengan dokumen, juga melalui internet. Jadi, pembuat program lah yang memberikan dukungan pertama terhadap penggunaan Linux/FOSS, lalu diikuti pengguna dan pengembang lainnya.
Berikut ini daftar sebagian komunitas di internet yang memberikan dukungan teknis di Indonesia dan dunia berbasis web. Beberapa komunitas ini juga menyediakan dukungan melalui email dan chatting. Secara fisik, tidak ada batas waktu dan tempat untuk memperoleh dukungan ini selama tersedia akses internet.
www.linux.or.id
Komunitas Linux Indonesia berbasis web dan email. Sebagian besar domain KPLI atau Kelompok Pengguna Linux Indonesia dikelola terpusat di linux.or.id). Beberapa KPLI juga hanya memberikan dukungan lewat internet berbasis web dan email, misalnya saat tulisan ini disusun adalah KPLI Bandung (bandung.linux.or.id).
www.vlsm.org
Penyedia repository (tempat penyimpanan) distro-distro Linux, dokumentasi, dll.
Komunitas Berbentuk Email atau Milis
Bentuk dukungan teknis di internet selain dan web dan email personal adalah maling list (milis). Dukungan teknis melalui milis ini tergolong besar di Indonesia, karena banyaknya jumlah anggota di beberapa milis dan banyaknya milis tentang Linux/FOSS. Berikut ini sebagian dari milis:
tanya-jawab@linux.or.id (Tanya jawab Linux mulai dari pemula hingga mahir).
linux-aktivis@linux.or.id (Diskusi advokasi dan promosi Linux/FOSS).
linux-programming@linux.or.id (Tanya jawab pemrograman di Linux/FOSS).
pembaca@infolinux.co.id (Tanya jawab pembaca majalah InfoLINUX)
jogja-linux@yahoogroups.com (Diskusi Linux/FOSS yang dikelola KPLI Jogja)
kuliax@googlegroups.com (Distro Linux untuk perkuliahan, Kuliax).
blankon@googlegroups.com (Pengembangan dan penggunaan Linux BlankON)
id-ubuntu@googlegroups.com (Distro Linux Ubuntu, Kubuntu, Edubuntu, Xubuntu, dll.)
indowli@groups.or.id (Seputar Wireless LAN, termasuk penggunaan WLAN di Linux)
asosiasi-warnet@yahoogroups.com (Warnet secara umum, termasuk penggunaan Linux).
phpug@yahoogroups.com (PHP User Group Indonesia).
jlinux@yahoogroups.com (Java di Linux)
jug-indonesia@yahoogroups.com (Java User Goup Indonesia)
Komunitas Berbentuk Fisik, KPLI dan KSL
Tidak banyak komunitas di Indonesia yang menyediakan dukungan teknis secara fisik. Kalaupun ada, sifatnya hanya temporer pada acara-acara tertentu seperti seminar, workshop, dan installfest (festival instalasi dan konfigurasi Linux dalam bentuk peserta datang membawa komputernya untuk mendapatkan bimbingan instalasi dan konfigurasi).
Sebagian besar komunitas ini menamkan diri sebagai Kelompok Pengguna Linux Indonesia (KPLI). KPLI berdiri hampir di setiap kota besar di Indonesia. Tidak semua KPLI menyediakan dukungan di darat, misalnya KPLI Bandung. Sebaliknya, tidak semua KPLI memiliki dukungan melalui internet, misalnya KPLI Aceh dan KPLI NTT (Nusa Tenggara Timur).
Berikut ini daftar sebgaian komunitas yang sering menyediakan dukungan secara fisik atau pertemuan di darat.
* KPLI Jakarta (jakarta.linux.or.id)
* KPLI Surabaya (surabaya.linux.or.id)
* KPLI Jogja (jogja.linux.or.id)
* KPLI Bandung (bandung.linux.or.id)
* KPLI Bogor (bogor.linux.or.id)
* KPLI Tangerang (kpli.ict-tangerang.net)
* KPLI Cilegon
* KPLI Bekasi
* KPLI Semarang (jateng.linux.or.id)
* KPLI Solo (solo.linux.or.id)
* KPLI Salatiga
* KPLI Madiun (madiun.linux.or.id)
* KPLI Malang (malang.linux.or.id)
* KPLI Jember
* KPLI Sidoarjo
* KPLI Bali (bali.linux.or.id)
* KPLI Makassar (makassar.linux.or.id)
* KPLI Manado (manado.linux.or.id)
* KPLI Banjarmasin
* KPLI Samarinda
* KPLI Balik Papan
* KPLI Palangkaraya
* KPLI Lampung
* KPLI Palembang (palembang.linux.or.id)
* KPLI Padang (padang.linux.or.id)
* KPLI Medan (medanlinux.com)
* KPLI Batam (batam.linux.or.id)
* KPLI Pekanbaru (pekanbaru.linux.or.id)
* KPLI NTT
* KPLI Aceh
* Komunitas Linux di kampus-kampus, bisanya bernama Komunitas Studi Linux (KSL), misalnya KSL Universitas Ahmad Dahlan Jogjakarta, KSL Atmajaya Jogjakarta, KSL UPN Veteran Jogjakarta, KSL UII Jogjakarta, KSL UGM Jogjakarta, KSL UNY Jogjakarta, KSL Amikom Jogjakarta, KSL Akakom Jogjakarta, KSL Universitas Dr. Soetomo Surabaya, KSL STT TELKOM Bandung, KSL Unikom Bandung, KSL STT PLN Jakarta, dll.
Perusahaan (Linux Support Centers)
Saat ini telah banyak perusahaan yang menyediakan jasa dukungan teknis secara profesional dan berbayar. Berikut ini hanya sebagian dari perusahaan yang saat ini serius dan profesional menyediakan jasa dukungan teknis Linux/FOSS:
* NF Computer (www.nurulfikri.co.id)
* Linuxindo (www.linuxindo.com)
* RimbaLinux (www.rimbalinux.com)
* Gudang Linux (www.gudanglinux.com)
Organisasi Non Profit
Semua KPLI yang ada saat ini boleh disebut organisasi non profit yang tidak berbadan hukum. Berikut ini contoh organisasi non profit berbadan hukum Indonesia yang memberikan dukungan terhadap penggunaan Linux/FOSS:
* Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI)
* Yayasan Air Putih
Lembaga Pendidikan
Beberapa lembaga pendidikan juga menyediakan jasa dukungan teknis, baik secara berbayar maupun dengan model kerjasama. Berikut ini beberapa perguruan tinggi swasta dan negeri, serta sekolah menengah, yang bisa atau pernah memberikan jasa dukungan teknis Linux/FOSS:
* Universitas Gunadarma Jakarta
* Universitas Syiah Kuala Banda Aceh
* Universitas Indonesia Jakarta
* Universitas Gajah Mada Jogjakarta
* Institut Teknologi Bandung
* Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya
* Universitas Udayana Denpasar
* Universitas Brawijaya Malang
* SMK TI di seluruh Indonesia dan ICT Center di beberapa kota.
2. Pendidikan dan Pelatihan
Hampir semua pelatihan disediakan secara profesional dan berbayar, seperti yang disediakan oleh Training Center atau Training Provider dari perusahaan software proprietary. Berikut ini hanya sebagian dari perusahaan yang menyediakan jasa pendidikan dan pelatihan Linux/FOSS:
* NF Computer (www.nurulfikri.com)
* Linuxindo (www.linuxindo.com)
* Inixindo (www.inixindo.co.id)
* Ardelindo (www.ardelindo.com)
* Linux Learning Center (LLC), Linux Study Center, LP3I, AMIK BSI, dan lain-lain.
3. Pengembang Software
Banyak pengembang software Linux/FOSS, pengembang untuk tujuan khusus, dan pengembang software secara kustomisasi di Indonesia. Berikut ini hanya sebagian kecil dari pengembang:
www.blankonlinux.or.id (Pengembang distro Linux berbasis Fedora).
www.rimbalinux.com (Pengembang software ERP berbasis Linux/FOSS).
www.linuxindo.com (Pengembang berbagai software berbasis Linux/FOSS)
www.nurulfikri.co.id (Pengembang berbagai software berbasis Linux/FOSS)
www.meruvian.com (Pengembang berbagai software berbasis OSS Java)
www.brainmatics.com
www.rab.co.id
* kuliax.duniasemu.org (Pengembang distro Linux untuk perkuliahan).
* pinux.joglosemar.org (Pengembang distro Linux untuk warnet dan jaringan kantor).
www.pclinux.web.id (Pengembang distro Linux berbasis Mandriva).
www.rumahlinux.co.id (Pengembang software berbasis Linux/FOSS).
4. Penyedia Barang dan Jasa lainnya
Saat ini juga mulai terlihat beberapa perusahaan menyediakan jasa di bidang pengadaan hardware yang dibuat khusus untuk Linux atau dibundle dengan Linux. Sebagian perusahaan juga menyediakan jasa Linux Embedded System, misalnya mengembangkan peralatan jaringan atau pabrik yang di dalamnya ada software khusus berbasis Linux (bukan Linux untuk desktop/server). Berikut ini contoh vendor besar yang ada perwakilan di Indonesia dan beberapa contoh perusahaan yang berhubungan dengan Linux/FOSS.
* Vendor hardware/software: IBM dan SUN Microsystems dengan OpenOffice.org-nya.
* Vendor-vendor hardware, seperti Intel, Acer, Mugen-PC, HP/Compaq, dan lain-lain.
* Vendor software seperti Oracle dan lain-lain.
* Perusahaan jasa Internet (ISP, NAP, Data Center, Web Hosting, dll.).
* Lain-lain: www.voiprakyat.or.id (telepon/videopon via internet) www.ilmukomputer.com (dokumen gratis di internet),www.infolinux.web.id (penerbitan majalah dan CD/DVD), www.dianrakyat.co.id (penerbitan buku dan CD/DVD),www.gudanglinux.com, dll.
5. Penutup
Di Indonesia telah tersedia dukungan teknis Linux/FOSS di seluruh propinsi secara cukup merata, mulai dari yang bersifat komunitas, lembaga pendidikan, organisasi non profit, hingga ke perusahaan-perusahaan. Lembaga pendidikan formal dan perusahaan-perusahaan juga telah siap dengan jasa pendidikan dan pelatihan Linux/FOSS. Hampir semua perusahaan pengembang software di Indonesia akan dapat melayani pengembangan software berbasis Linux/FOSS

Sekilas Tentang Bisnis Informatika 


e-Commerce  dapat  dibagi  menjadi  beberapa  jenis  yang  memiliki  karakteristik berbeda-beda yaitu:

1. Business to Business (B2B)

Business to Business e-Commerce memiliki karakteristik:

Trading  partners  yang  sudah  diketahui  dan  umumnya  memiliki  hubungan (relationship)  yang  cukup  lama.  Informasi  hanya  dipertukarkan  dengan  partner tersebut. Dikarenakan  sudah mengenal  lawan  komunikasi, maka  jenis  informasi yang dikirimkan dapat disusun sesuai dengan kebutuhan dan kepercayaan (trust).
Pertukaran  data  (data  exchange)  berlangsung  berulang-ulang  dan  secara berkala, misalnya setiap hari, dengan format data yang sudah disepakati bersama. Dengan  kata  lain,  servis  yang  digunakan  sudah  tertentu.  Hal  ini  memudahkan pertukaran data untuk dua entiti yang menggunakan standar yang sama.
Salah  satu  pelaku  dapat  melakukan  inisiatif  untuk  mengirimkan  data,  tidak harus menunggu parternya.
Model  yang  umum  digunakan  adalah  peer-to-peer,  dimana  processing intelligence dapat didistribusikan di kedua pelaku bisnis.

2.  Business to Consumer (B2C)

Business to Consumer e-Commerce memiliki karakteristik sebagai berikut:

Terbuka untuk umum, dimana informasi disebarkan ke umum.
Servis yang diberikan bersifat umum  (generic) dengan mekanisme yang dapat digunakan oleh khalayak ramai. Sebagai contoh, karena sistem Web sudah umum digunakan maka servis diberikan dengan menggunakan basis Web.
Servis diberikan berdasarkan permohonan  (on demand). Konsumer melakukan inisiatif dan produser harus siap memberikan respon sesuai dengan permohonan.
Pendekatan  client/server  sering  digunakan  dimana  diambil  asumsi  (client consumer)  menggunakan  sistem  yang  minimal  (berbasis Web)  dan  processing (business procedure) diletakkan di sisi server.

3. Consumen to consumen(C2C)

Dalam  C2C  seseorang  menjual  produk  atau  jasa  ke  orang  lain.  Dapat  juga  disebut sebagai  pelanggan  ke  palanggan  yaitu  orang  yang menjual  produk  dan  jasa  ke  satu sama lain.

Lelang C2C. Dalam lusinan negara, penjualan dan pembelian C2C dalam situs lelang sangat banyak. Kebanyakan  lelang dilakukan oleh perantara, seperti eBay.com, auctionanything.com,  para  pelanggan  juga  dapat  menggunakan  situs  khusus  seperti buyit.com  atau  bid2bid.com. Selain  itu  banyak  pelanggan  yang melakukan  lelangnya sendiri  seperti  greatshop.com  menyediakan  piranti  lunak  untuk  menciptakan komunitas lelang terbalik C2C online.

4. Comsumen to Business(C2B).

Dalam C2B konsumen memeritahukan kebutuhan atas suatu produk atau jasa tertentu, dan  para  pemasok  bersaing  untuk  menyediakan  produk  atau  jasa  tersebut  ke konsumen. Contohnya  di  priceline.com,  dimana  pelanggan menyebutkan  produk  dan harga yang diinginkan, dan priceline mencoba menemukan pemasok yang memenuhi kebutuhan tersebut.  (Januri, dkk, 2008).

Keuntungan e-Commerce

Bagi Perusahaan, memperpendek  jarak, perluasan pasar, perluasan  jaringan mitra  bisnis  dan  efisiensi,  dengan  kata  lain  mempercepat  pelayanan  ke pelanggan, dan pelayanan  lebih responsif, serta mengurangi biaya-biaya yang berhubungan  dengan  kertas,  seperti  biaya  pos  surat,  pencetakan,  report,  dan sebagainya sehingga dapat meningkatkan pendapatan.
Bagi Consumen, efektif, aman secara fisik dan flexible
Bagi Masyarakat Umum, mengurangi  polusi  dan  pencemaran  lingkungan, membuka peluang kerja baru, menguntungkan dunia akademis, meningkatkan kualitas SDM (Januri, dkk, 2008).

Kerugian e-Commerce

Meningkatkan Individualisme, pada perdagangan elektronik seseorang dapat bertransaksi  dan  mendapatkan  barang/jasa  yang  diperlukan  tanpa  bertemu dengan siapapun.
Terkadang  Menimbulkan  Kekecewaan,  apa  yang  dilihat  dilayar  monitor komputer kadang berbeda dengan apa yang dilihat secara kasat mata.


SOFTWARE HOUSE

Software house adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang software development. Requirement yang dibutuhkan oleh sebuah software house adalah : sistem informasi ini mampu menangani beberapa aspek dasar dalam setiap perusahaan, diantaranya adalah kepegawaian, transaksi project, dan inventaris perusahaan.

Software house dapat diartikan sebagai sebuah perusahaan yang menghasilkan produk dalam bentuk software. Contoh software house besar yang kita kenal seperti Microsoft, Apple Inc, Oracle Corporation, dll.

Sebuah software house biasanya terdiri dari beberapa tim, diantaranya:

bisnis analis : bertugas untuk menganalisa apa yang dibutuhkan pasar
programmer : untuk membuat program/software
tester : untuk mengetes apakah software sudah berjalan sesuai yang diinginkan


KONSULTAN IT

Konsultan adalah seorang tenaga profesional yang menyediakan jasa nasihat ahli dalam bidang keahliannya, misalnya akutansi, lingkungan, biologi, hukum, komputer  dan lain-lain. Perbedaan antara seorang konsultan dengan ahli 'biasa' adalah sang konsultan bukan merupakan karyawan di perusahaan sang klien, melainkan seseorang yang menjalankan usahanya sendiri atau bekerja di sebuah firma konsultasi, serta berurusan dengan berbagai klien dalam satu waktu.

Mereka menangani permasalahan bisnis yang kental dengan isu-isu teknis dari sistem/teknologi informasi. Mereka bertanggung jawab mulai dari proses analisis, desain, hingga impelementasi sistem, untuk memastikan solusi tersebut align dengan proses bisnis mereka.
Layanan Konsultasi yang diberikan jasa konsultan IT:

1. Desain new system
2. Audit system
3. Problem Seputar Hardware
4. Problem Seputar Software
5. Building Custom Software & System
6. Problem Solve pada existing system
7. Optimizing existing system

Layanan Networking, Produk Networking ini terdiri atas:
- Network Building fiber Optic, Wirelless
- Network Maintenance


Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar

newer post older post Home