Minggu, 10 April 2011

GRUB

paan siih grub ??:Dbagi yang kenal linux pasti tau apa itu Grub memiliki kepanjangan GRand Unified Bootloader  naah GRUB ini adalah bootloader yang merupakan bootloader dari GNU Project naah GRUB ini berfungsi untuk ketika booting ia akan menghendel untuk menampilkan mana saja OS yang akan di pilih oleh user ,jadi waktu pertama kali nyalain komputer kan yang muncu pertama kali bios tuuh nah si bios nunjuk ke boot loader yang di sebut MBR ato master boot reocrd lalu mbr itu bakalan menunjuk atau mengeksekusi si GRUB bakalan nampilin kernel mana saja yang tersedia di komputer tersebut yang nanti di pilih untuk di running ... ato  sistem operasi yang ada di kompi kite ..yang pasti dalam 1 komputer tersebut di install lebih dari 1 OS .. hmm ya kurang lebih begitu deh :) 

Ketika komputer dihidupkan, komputer BIOS menemukan perangkat bootable primer (biasanya's hard disk komputer) dan beban awal bootstrap program dari master boot record (MBR), yang 512 byte pertama dari hard disk, kemudian transfer kontrol untuk kode ini.

 

naah biasanya GRUB ini ada pada OS Linux walaupun tidak semua OS linux memakai bootloader ini .. naah file untk ngeditnya berada di menu.lst kalo di grub versi 2 yang baru berada di grub.cfg :)


GRUB pada awalnya dikembangkan oleh Erich Boleyn sebagai bagian dari pekerjaan di booting sistem operasi GNU Hurd yang dikembangkan oleh Free Software Foundation . Pada tahun 1999, Gordon Matzigkeit dan Yoshinori K. Okuji membuat GRUB paket perangkat lunak yang resmi dari proyek GNU dan membuka dalam proses pembangunan kepada masyarakat.


GRUB version 1


Para MBR biasanya berisi tahap GRUB 1, tetapi dapat berisi bootloader lain yang dapat rantai boot GRUB tahap 1 dari lain sektor boot seperti partisi's boot record Volume . Mengingat ukuran kecil dari sebuah sektor boot , Tahap 1 dapat melakukan sedikit lebih dari beban tahap berikutnya GRUB dengan memuat beberapa sektor disk dari lokasi tetap dekat awal disk (dalam 1024 silinder).
Tahap 1 Tahap 2 dapat memuat langsung, tapi biasanya diatur untuk load  Tahap 1.5 GRUB terletak di 30 kilobyte pertama dari hard disk segera setelah MBR dan sebelum partisi pertama.  Jika ruang ini tidak tersedia (biasa tabel partisi, disk driver khusus, GPT atau LVM disk) penginstalan Tahap 1.5 akan gagal.  Tahap 1.5 dapat berisi driver yang diperlukan dan begitu mudah beban Tahap 2. Tahap 2 akan memuat berkas konfigurasi default dan setiap modul lainnya yang dibutuhkan.

GRUB version 2 

Hal ini sangat mirip dengan versi Grub 1: boot.img disimpan di MBR atau boot record Volume seperti Tahap 1, namun dapat memuat satu sektor dari LBA48 alamat.Ini beban sektor pertama dari core.img (dihasilkan dari diskboot.img) yang kemudian digunakan untuk memuat seluruh file core.img dihasilkan. File core.img biasanya akan disimpan di lokasi yang sama sebagai Tahap 1,5 dengan masalah yang sama, namun dapat dipindahkan ke sistem file atau partisi kosong dengan masalah yang lebih sedikit daripada bergerak atau menghilangkan Tahap 1.5.Setelah dimuat, file core.img kemudian akan memuat berkas konfigurasi default dan setiap modul lainnya yang dibutuhkan.

 

 

sumber 

0 komentar:

Posting Komentar

newer post older post Home